Thursday, November 10, 2011

Sebelum Nikah Ibas-Aliya Jalani Pasang Beleketepe

 Headline


Jakarta - Serangkaian kegiatan pra-nikah Edhie Baskoro Yudhoyono-Siti Ruby Aliya telah dipersiapkan. Ritual agama dan adat Jawa akan dijalani pasangan ini.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menjelaskan, putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan putri Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, akan melangsungkan akad nikah di Istana Cipanas, Jawa Barat, pada 24 November 2011.
 
Sebelum pelaksanaan akad nikah, kedua belah pihak keluarga akan menggelar pengajian di kediaman keluarga masing-masing. "Itu diselenggarakan acara pengajian di kedua calon pengantin baik di rumah pengantin pria di rumah Pak SBY di Cikeas, maupun di rumah Pak Hatta pagi pukul 10.00 WIB, di masing-masing tempat di tanggal 22 hari Selasa," jelas Julian di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (10/11/2011).
Di hari yang sama, setelah menggelar pengajian juga akan digelar acara pemasangan beleketepe, sebuar ritual adat Jawa yang menjadi latar belakang keluarga Ibas. "Nah itu memang ada acara di dalamnya ada acara pemasangan beleketepe."
 
Kemudian pada 22 November sore, kedua calon pengantin bersama keluarga akan menggelar acara siramanan dan malam midodareni, yang juga ritual adat Jawa.
"Acara siraman yang dilanjutkan denagn persiapan acara midodareni akan diselenggerakan di rumah calon pengantin wanita, di Fatmawati, rumah Pak Hatta malam hari pukul 19.00 malam, itu tanggal 22," terang Julian.
 
Dalam acara midodareni itu, kedua belah pihak keluarga SBY dan Hatta akan berkumpul di rumah Hatta. "Acara midodareni dimana keluarga dari pengantin pria datang ke rumah calon pengantin wanita, dan kemudian lakukan acara midodareni. Di sana sampai selesai pukul 21.00," kata Julian.
 
Tak ketinggalan, ritual adat Palembang, Sumatra Selatan, juga akan dilakukan calon pasangan pengantin ini.
"Kemudian masih ada acara interen dalam kebudayaan masyarakat pesisir Sungai Komering, bahwa ada acara yang disebut dengan acara berpacar atau acara dimana bujang dan gadis yang akan menikah, biasanya melakukan pertemuan dengan teman-teman atau rekan-rekan sekolah dan sebagainya untuk kemudian yah... semacam pesta perpisahan lah," papar Julian.
 
Dan pada 24 November Ibas-Aliya akan melangsungkan akad nikah, kemudian pada 26 November melaksanakan resepsi pernikahan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...